Cara Ternak Ikan Cupang Pemula Lengkap

{inAds}

Seputar Kita -  Trend memelihara ikan hias pada bulan Juli 2021 ini mulai naik lagi khususnya untuk Ikan Cupang atu biasa juga di namai dengan Ikan Betta.

Hal ini mungkin dampak dari diberlakukannya Work From Home atau di singkat WFH untuk masyarakat indonesia, khususnya daerah yang masuk dalam kategori Zona Merah.

{getToc} $title={Daftar Isi}

Ikan Cupang mampu bertahan di dalam ruang yang sempit dan volume air yang sedikit. Ini merupakan nilai lebih jika ingin Ternak Ikan Hias yang satu ini. Karena tidak akan membutuhkan tempat yang besar untuk membudidayakan nya dan dapat menghemat pengeluaran air.

Cara Ternak Ikan Cupang Mudah
Sumber : Seputar Kita

Dengan segala kelebihan di atas, maka tak salah rasanya jika Anda mulai juga ingin mencoba Ternak ikan jenis ini. Untuk itulah, maka Saya akan mencoba memberi tips Anda agar dapat berhasil untuk memulai Ternak Ikan cupang.

Cara Ternak Ikan Cupang Pemula

{inAds}

Salah satu tips Ternak ikan cupang adalah Pilihlah ikan indukan dan jantan yang baik, apabila kedua orang tua ikan tersebut baik, maka dapat di pastikan akan menghasilkan anakan atau bibit yang baik pula.

Apabila Anda belum mengetahui dan tidak bisa membedakan antara ikan yang jantan maupun betina. Nah cara paling mudah untuk mengetahuinya yaitu melalui :

Bentuk Tubuh

Membedakan ikan cupang jantan dan betina

Biasanya bentuk tubuh Ikan jantan lebih kokoh dan sangar daripada ikan yang betina. Ikan betina banyak di jumpai memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat dan memiliki warna yang lebih pudar atau pucat di bandingkan yang jantan.

Untuk mulai Ternak Ikan ini perlu di ketahui usia ikan jantan maupun betina yang optimal. Saya merekomendasikan usia 4-8 bulan untuk jantan dan 3-4 bulan untuk betina.

Lalu yang selanjutnya dalah pemijahan atau pengembang biakan Ikan Cupang. Setelah Anda mendapatkan indukan jantan dan betina yang sudah siap kawin, lalu sediakan wadah biasanya baskom  atau akuarium kecil dengan ukuran  minimal 20x20x20 cm.

{inAds}

Jangan lupa juga sediakan tumbuhan air seperti tumbuhan kiambang atau kayu apu yang biasanya mudah di temukan di sawah - sawah.

Ikan jantan sendiri dapat di kawinkan lagi dalam interval waktu biasanya 2-3 minggu lagi, namun ikan betina lebih baik hanya di kawinkan sekali saja atau maksimal 2 kali.

Pemilihan Air

Perlu di ingat adalah jangan pernah menggunakan air dari PDAM yang mengandung kaporit. Karena hal ini dapat berakibat buruk pada ikan. Anda dapat menggunakan air sumur yang masih murni tanpa mengandung zat kimia. Tetapi, sebelum air tersebut Anda harus mendiamkan setidaknya 1 malam untuk proses pengendapan.

Itulah cara ternak ikan cupang pemula yang bisa saya bagikan kepada Anda, sebenarnya hal tersebut belum mencakup semuanya, namun saya akan mencoba memberikan secara maksimal di lain waktu. Terimakasih untuk Agan yang sudah membaca sampai akhir. Terimakasih.

FAQ (Pertanyaan Umum)

Apakah ikan cupang membutuhkan akuarium khusus?

Ikan cupang dapat ditempatkan dalam akuarium dengan ukuran yang cukup kecil, sekitar 5-10 liter, tergantung pada jumlah ikan yang akan Anda ternak. Akuarium harus dilengkapi dengan tempat persembunyian seperti tanaman air atau gua kecil untuk mengurangi stres ikan.

Bagaimana cara membuat lingkungan yang cocok untuk ikan cupang berternak?

Pastikan suhu air tetap stabil antara 24-30°C dan pH air berkisar antara 6,5-7,5. Gunakan lampu akuarium yang memberikan cahaya yang cukup, tetapi tidak terlalu terang. Bersihkan akuarium secara teratur dan ganti air secara berkala.

Berapa kali ikan cupang bisa kawin dalam satu tahun?

Ikan cupang bisa berkawin beberapa kali dalam setahun. Biasanya, setelah pemijahan, ikan cupang membutuhkan waktu istirahat sekitar 2-3 minggu sebelum dikawinkan kembali.

Bagaimana cara mengetahui apakah ikan cupang betina sedang bertelur?

Ciri-ciri ikan cupang betina yang sedang bertelur antara lain perut yang membesar dan terlihat lebih bulat. Betina juga akan membuat gelembung busa di permukaan air

Lebih baru Lebih lama